Berkenalan Lebih Dekat Dengan Ikan Mujair

Please log in or register to like posts.
News

Ikan mujair (Oreochromis mossambicus) adalah ikan domestikasi yang didatangkan dari Afrika, ikan ini termasuk ke dalam golongan ikan perenang aktif. Mujair berkerabat dekat dengan nila san sama-sama dari ordo perciformes.

#Habitat

Di alam Ikan mujair hidup secara berkelompok. Adapun tempat tinggalnya biasa di perairan yang tidak mengalir namun ada juga yang hidup di perairan deras, seperti di sungai.

Walaupun mujair bisa hidup dalam kolam dan aquarium, bukan berarti mereka tidak dapat tumbuh secepat ikan lain yang hidupnya di alam terbuka. Saat musim tanam padi ada pula ikan mujair yang ditebarkan di sawah, benih-benih ikan mujair akan tumbuh dan berkembang sampai ukuran konsumsi sekalian dengan panen padi, biasanya ukuran mujair yang sudah dewasa bisa mencapai 12-15 cm.

Mujair juga termasuk ke dalam sepesies ikan yang tahan terhadap serangan penyakit dan memiliki daya adaptasi yang tinggi. Ikan ini masuk ke dalam kategori ikan eurihaline (bisa mentoleransi perubahan salinitas), sehingga ikan tersebut bisa hidup di air payau dengan kadar salinitas yang sangat tinggi.

 

  • BACA JUGA

Inilah Manfaat Tersembunyi Dari Udang Lobster
Inilah Metode Dalam Merawat Ikan Arapaima Gigas Dalam Akuarium
Metode Sederhana Dalam Memulai Usaha Budidaya Ikan Molly
Tips Dan Trik Dalam Memelihara Ikan Hias Air Laut Pada Akuarium
Mengenal Lebih Dekat Tentang Ikan Haruan

 

#Pola pertumbuhan

Ikan mujair memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat, terutama bila hidup di perairan dangkal, karena tanaman di perairan yang tidak dalam bisa tumbuh dengan cepat sehingga mendapatkan pasokan makanan yang banyak.

Pertubuhan mujair jantan lebih cepat ketimbang mujair betina yaitu sbesar 40%. Apalagi bila pemeliharaannya dibuat secara monosek yaitu emisahan kolam mujair betina dan mujair jantan dipisahkan. Laju pertumbuhan ikan mujair akan menurun jika setelah mencapai berat 200 gram.

Ukuran ikan mujair yang terbesar di dunia adalah 3,11 kg, ikan mujair tersebut ditemukan di bendungan Loskop (Afrika Selatan) pada tahun 2003 oleh Eugene Kruger.

#Makanan

Mujair adalah ikan bertipe omnivora (pemakan segala) yang aktif mencari mangsa pada saat hari tiba (diurnal). Saat malam, ikan mujair akan berdiam diri pada dasar perairan untuk beristirahat.

Makanan kesukaan ikan mujair adalah alga dan plankton. Mulutnya yang berukuran cukup besar sangat membantu untuk menghirup dan menyaring plankton sebagai makanannya.

Plankton-plankton tersebut kemudian akan terperangkap oleh lendir yang dihasilkan oleh insang ikan. Lendir tersebut akan ditelan sekalian dengan plankton.

Namun, jika seandainya tidak ada planton dalam air, maka ikan mujair akan memilih makanan yang lain, seperti udang kecil/crustacea, tumbuhan air (duckweed), cacing tanah, jentik nyamuk, atau serangga air lainnya.

 


Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Waring Ikan silahkan klik DISINI.

Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@khlm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *