Ini Dia 4 Manfaat Ikan Cetol Yang Penting Anda Tahu

Please log in or register to like posts.
News

Ini Dia 4 Manfaat Ikan Cetol Yang Penting Anda Tahu – Ikan cetol merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah ditemukan di selokan atau got. Ikan ini berukuran kecil dan tergolong memiliki ketahanan hidup yang baik karena ia bisa tumbuh dan berkembang di selokan yang kualitas airnya buruk. Apalagi di air jernih dan bersih sudah pasti ikan ini dapat hidup dan berkembang biak dengan baik. Selain daya tahan yang baik ikan ini juga dapat berkembang biak dengan cepat sehingga menghasilkan banyak keturunan. Sehingga jangan heran apabila selokan di sekitar rumah anda dipenuhi oleh ikan cetol dan berbagai jenis ikan kecil lainnya.

Karena ukurannya yang kecil dan tempat hidupnya yang dianggap menjijikkan maka ikan cetol tidak terlalu mendapat perhatian. Padahal ikan ini juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh sehingga baik dan bermanfaat untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat seperti manfaat ikan air tawar bagi kesehatan lainnya. Selain untuk tujuan konsumsi ikan cetol juga dapat dimanfaatkan untuk hal-hal lainnya. Berikut manfaat ikan cetol dalam kehidupan manusia:

1). Bahan pembuatan rempeyek
Meskipun ikan cetol banyak hidup di air yang berkualitas buruk namun ikan ini bisa dikonsumsi. Karena ukurannya yang kecil ikan ini banyak digunakan untuk pembuatan rempeyek atau peyek dimana ia digoreng kering bersama adonan rempeyek. Rasa daging ikan yang enak dan gurih semakin menambah kelezatan rempeyek. Ikan cetol dapat menjadi alternatif isian rempeyek selain dari kacang tanah dan manfaat ikan teri yang biasanya digunakan. Bukan hanya rempeyek, kedepannya ikan cetol juga bisa diolah menjadi makanan lain seperti ikan cetol goreng garing sehingga dapat menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan.

BACA JUGA

Tips Cara Budidaya Ikan Belida Dengan Mudah
Cara Budidaya Ikan Dengan Keramba
Sistem Budidaya Ikan di Air Tawar
Begini Cara Budidaya Nila di Lahan Sempit

2). Pakan ternak
Manfaat ikan cetol lainnya adalah sebagai bahan pembuatan pakan bagi hewan ternak seperti bebek dan lele. Jika biasanya anda menggunakan manfaat ampas tebu dan manfaat daun pepaya bagi ternak maka kini ada pilihan lain yaitu ikan cetol. Ikan ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran bagi pakan ternak yang lebih ekonomis karena ikan ini dapat dengan mudah ditemukan serta tidak sulit dalam pembudidayaannya. Ikan cetol dan beberapa jenis ikan kecil lainnya juga kerap dijadikan campuran pakan bagi burung peliharaan seperti ikan murai batu.

3). Makanan bagi ikan lain
Banyak orang senang memelihara ikan hias karena selain cantik dilihat juga ada beberapa manfaat ikan hias lainnya yang bisa didapatkan. Jika anda memelihara ikan hias yang berjenis karnivora atau pemakan daging seperti manfaat ikan arwana dan ikan palmas maka anda dapat memanfaatkan ikan cetol sebagai pakan bagi ikan-ikan tersebut. Ukurannya yang kecil dan dagingnya disukai oleh ikan karnivora.

4). Bahan olahan makanan kucing atau makanan anjing
Kucing dan anjing merupakan jenis hewan yang banyak dipelihara di rumah karena selain jinak dan dekat dengan manusia kedua jenis hewan ini juga bermanfaat. Ada sekitar 20 manfaat memelihara kucing dan 15 manfaat memelihara anjing yang akan didapatkan. Ikan cetol juga dapat diolah menjadi makanan kucing atau makanan anjing karena seperti yang diketahui baik kucing maupun anjing menyukai rasa dan aroma daging salah satunya daging ikan. Selain enak tentu saja daging ikan cetol lebih bergizi sehingga sangat baik bagi kucing atau anjing peliharaan anda.

Nah.. Demikian artikel kami tentang Manfaat Ikan Cetol Untuk Pembuatan Rempeyek & Pakan Ternak, semoga bermanfaat. Wah ternyata ikan kecil yang selama ini dipandang sebelah mata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Dengan sedikit kreativitas beragam manfaat ikan cetol di atas bisa kita dapatkan. Jika pemanfaatannya sudah demikian banyak maka budidaya ikan ini menjadi pilihan yang tepat. Budidaya ikan cetol bisa dikatakan tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya besar. Ada beragam informasi baik di internet atau sumber lainnya yang bisa dijadikan referensi dalam beternak ikan cetol agar cepat berhasil dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *