Inilah 5 Jenis Ikan Yang Sering Dibudidayakan Pada Air Payau

Please log in or register to like posts.
News

Air payau ialah campuran air Bahari dan air tawar yang kemudian membentuk air payau, air payau biasa ditemukan di daerah-daerah muara dekat pesisir. Perairan air payau memiliki banyak sekali biota yg Hayati di dalamnya. Misalnya berbagai jenis ikan, nah berbagai jenis ikan ini ternyata sering dibudidayakan oleh para pembudidaya di sebabkan ikan yang dibudidayakan lebih cepat besar, harganya mahal, rasanya enak dll. Lalu ikan air payau apa sajakah yg banyak dibudidayakan? simak pembahasan berikut ini :

1. Bandeng

Ciri-ciri Fisik :

– Tak mempunyai gigi
– Hayati dari ganggang & invertebrata
– Bermulut kecil
– Sisik perak
– Hayati di air payau

Kandungan gizi ikan bandeng :

–  Kalori : 84
–  Protein (gr) : 14.8
–  Lemak (gr) : 2.3

       Bandeng (Chanos chanos) adalah ikan air payau yg lumayan ternama & mudah diperoleh. Dagingnya putih, seratnya halus, & rasanya gurih. bandeng memiliki badan memanjang kayak torpedo dgn sirip ekor bercabang sebagai Asterik tergolong ikan perenang cepat. Bandeng tidak memiliki sisik di kepalanya, memiliki mulut kecil yang terdapat di ujung rahangnya serta memiliki lubang hidung yang terletak di depan mata. Mata diliputi oleh selaput bening (subcutaneus). Warna badannya putih keperak-perakan dengan punggung biru kehitaman.
Bandeng dikategorikan jenis ikan herbivora sebab bandeng senang memakan tumbuh-tumbuhan yang berupa plankton. Dalam budidaya bandeng, bandeng dapat ditebar dengan kepadatan tinggi. Rata-rata benih ikan bandeng memiliki bobot sekitar 50g/ekor atau panjang 7-10 cm dapat disebar 500 ekor/m3. Ukuran konsumsi bisa mencapai berat antara 450 g/ekor sesudah dipelihara selama 4 bulan.

2. Ikan Kerapu Macan

Kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) ialah Sesuai kerapu yang bertempat tingal di perairan Indo-Pasifik. Bersama-sama dengan kerapu kertang, ikan ini ialah ikan tangkap yg terkenal di Nusantara. Ikan kerapu macan saat ini terancam punah karena rusaknya lingkungan hidup mereka. ikan ini lebih senang menghuni perairan terbuka, Lautan dangkal, wilayah pasang-surut, terumbu karang, & laguna pantai. Ikan dewasa dapat mencapai lebih daripada 2 m. Ikan ini sering dibudidayakan di sebabkan harganya yang mahal.

3. Ikan Kakap putih ( Barramundi )

Ikan kakap putih disebut sebagai ikan yg menggiurkan. Ikan ini dapat hidup di daerah tropis ataupun semi tropis. Nama latin ikan ini ialah “ Lates Calcarifer”.
Nama lain yg biasa disebut para pemancing di Indo Pacific (Asia & Australia, dsk) ialah Barramund, Barra, Giant Perch, Palmer Perch, Nile Perch (kalo tak Disorientasi). Di Kepulauan Riau disebut sebagai ikan gelam (kalo tak Disorientasi!). Ikan ini berukuran sampai dgn 1,8m & dapat mencapai 60kg. Mata ikan ini berwarna merah cerah (seperti mata kelinci warna putih), dgn ekor berbentuk segitiga, bukan V.

 

  • BACA JUGA

Mengenal Lebih Dekat !! Ikan Antik dan Cantik Ikan Hias Flying fox
Mengenal Lebih Dekat Tentang Ikan Cere
Berikut Tahapan-Tahapan Dalam Budidaya Ikan Gurame Menggunakan Terpal
Inilah Budidaya Ikan Patin Yang Sangat Menguntungan Dan Bermanfaat
Metode Mudah Budidaya Ikan Mas Mengunakan Terpal Plastik

 

Ikan ini tidak terbatas lingkungan hidupnya di sebabkan dapat hidup di air payau & air laun asin. Suhu lingkungan ikan ini cenderung antara 20 derajat Celcius.
Ikan ini dapat hidup di tepian sungai, tambak, teluk hutan mangrove (bakau) yg memiliki air jernih & air beriak-riak, pantai karang, perairan laut dangkal s/d dalam, pelabuhan (kedalaman air >8m), pantai berbatu, muara sungai dgn situasi khas Eksklusif. Kakap putih ini ialah predator karnivora, dominan memakan ikan yang lebih kecil & golongan Ebi-udangan.

4. Ikan patin (pantius)

Ikan patin sangat terkenal dibudidayakan disebabkan dagingnya yang banyak dan mudah besar serta dapat menjadi berbagai macam olahan ikan. Ikan Patin ialah jenis ikan berkumis (Siluriformes) yg terdapat dalam genus Pangasius, familia Pangasiidae. Nama “patin” juga disematkan di Disorientasi 1 anggotanya, P. nasutus. Golongan Fauna ini banyak yang bernilai ekonomi, kayak patin & patin siam (P. hypophthalmus syn. P. sutchi, atau beberapa pustaka menyebutnya jambal siam). Beberapa golongannya yang hidup di Sungai Mekong dikenal berukuran sangat besar, mencapai panjang 2 meter lebih.

5. Ikan Bawal

Ikan yang masih saudara dekat dengan piranha ini dapat hidup di air tawar & air payau & sering juga dibudidayakan di air payau di sebabkan ikan ini cepat besar & rasanya gurih.

 

 


Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Waring Ikan silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *