Inilah Manfaat Ikan Arwana Bagi Manusia. Tertarik Ingin Memeliharanya?

Please log in or register to like posts.
News

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang sudah sangat terkenal dan sering anda dengar di kehidupan anda sehari-hari, terutama bagi anda yang seorang pecinta ikan hias. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias dengan harga yang sangat tinggi dan merupakan jenis ikan hias yang juga memiliki banyak kegunaan, yang mungkin kurang masuk di akal.

Mengenal Ikan Arwana

Ikan arwana juga dikenal dengan nama siluk merah, ikan ini merupakan salah satu spesies dari ikan air tawar yang berasal dari daerah asia tenggara. Jenis ikan ini memilki bentuk tubuh yang besar dan juga memanjang, dengan tubuh yang cenderung pipih dan juga memiliki punggung yang datar. Ikan arwana sendiri tidak hanya memiliki satu warna saja, namun ada beberapa jenis dari ikan arwana yang memilki warna berbeda, yaitu hijau, emas dengan ekor merah, emas dan juga warna merah. Keempat jenis ikan ini biasa ditemukan pada bagian Asia Tenggara.

Ternyata, ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan purba, yang mampu bertahan hingga saat ini. Hal inilah yang merupakan salah satu faktor menarik yang membuat ikan arwana banyak yang ingin memeliharanya. Berikut ini merupakan klasifikasi ilmiah dari ikan arwana:

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Osteoglossidae
Ikan arwana memiliki beberapa manfaat, meskipun ikan arwana bukanlah merupakan jenis ikan yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Apa saja manfaat dari ikan arwana? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ikan tersebut:

BACA JUGA:

1. Sebagai ikan hias dan juga peliharaan

Manfaat pertama dari ikan ini adalah sebagai salah satu ikan peliharaan dan juga ikan hias. Sering sekali kita temui jenis ikan arwana ini mengisi akuarium di dalam rumah dan juga beberapa restoran, hal ini diseabkan oleh bentuk dari arwana yang unik dan juga menarik, serta warnanya yang juga berbeda maupun jenis ikan hias lainnya.

Ditambah dengan perawatannya yang tidak terlalu mudah dan juga tidak terlalu sulit, maka ikan ini berhasil menjadi salah satu pemikat dari para pecinta ikan hias eksotis yang ada di Indonesia.

2. Sebagai penghilang stress

Memiliki ikan yang berada di dalam akuarium mempunyai manfaat yang sangat baik sebagai salah satu media relaksasi. Begitu juga dengan jenis ikan yang tergolong besar ini. Ikan arwana yang bergerak aktif di dalam akuarium dapat membuat syaraf-syaraf dan juga pikiran kita menjadi lebih rileks. Dengan bertambah rileksnya pikiran dan juga syaraf-syaraf kita, maka hal ini akan menyebabkan stress serta tekanan yang kita miliki dapat berkurang.

Jadi apabila anda sedang mengalami tekanan dan juga beban tertentu, maka cobalah untuk mengalihkannya, dengan merawat ikan ini atau sekedar mengamati akuarium anda, maka hal ini dapat mereduksi stress dan juga beban yang anda alami.

3. Dipercaya dapat mendatangkan rezeki

Ini merupakan salah satu kepercayaan dari masyarakat yang sudah bertahan dari jaman dahulu.. Ya, manfaat ikan arwana dipercaya merupakan salah satu jenis ikan keramat yang memiliki manfaat yang sangat penting dalam hal mendatangkan rezeki. Hal ini tidak lain ialah kepercayaan dari kalangan masyarakat sejak jaman dahulu.

Maka dari itu, ikan arwana banyak diletakkan pada toko atau restoran, yang dipercaya dapat menambah rezeki, sebab dapat menarik pelanggan supaya berdatangan.

4. Sebagai pengisi waktu luang dan juga hobi

Bagi mereka yang mempunyai kesenangan dan juga hobi tersendiri pada ikan, terutama ikan hias. Ikan ini merupakan salah satu pelampiasan kepuasan hobi mereka. Dengan memelihara dan juga mau merawat ikan ini, maka hal ini akan menjadi salah satu penyaluran hobi dan juga pemuasan hobi yang mereka miliki.

Selain itu, dengan merawat ikan ini, hal ini dapat membantu anda untuk mengisi waktu luang. Daripada anda tidak mengerjakan apa-apa atau menganggur, maka ada baiknya bila anda mencoba untuk memelihara ikan hias seperti arwana untuk mengisi waktu luang anda.

5. Dapat dijadikan sebagai lahan bisnis

Bagi anda yang memag jeli dalam melakukan bisnis, ikan ini merupakan salah satu sumber bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan harga jualnya yang sangat tinggi, manfaat ikan arwana ini dapat memberikan keuntungan yang sangat besar bagi anda. Anda dapat mencoba melakukan bisnis ini dengan cara menjual ikan arwana yang sudah dewasa, lalu kemudian bisa anda kembangkan dengan cara melakukan pembibitan dan juga peternakan ikan arwana, yang pastinya akan sangat baik untuk keuangan anda.

6. Sebagai lambang keberhasilan dan juga kejayaan

Manfaat lainnya dari ikan ini adalah saebagai salah satu lambang kejayaan dan juga keberhasilan. Ikan arwana sering sekali dikaitkan dengan kimliong atau dikenal juga dengan nama naga emas. Hal ini merupakan salah satu dasar mengapa ikan ini dijadikan salah satu lambang kesuksesan dan juga kejayaan. Beberapa orang percaya, ketika mereka sudah sukses dalam beberapa bidang tertentu, maka mereka haruslah memiliki dan juga memlihara ikan arwana, sebab ikan ini dipercaya merupakan salah satu lambang dan juga simbol dari keberhasilan dan kejayaan.

7. Menambah banyaknya relasi

Manfaat ikan arwana lainnya yaitu dapat membantu anda untuk menambah relasi. Relasi ini dapat anda peroleh dengan cara bergabung dengan berbagai macam komunitas pencinta ikan arwana, sehingga dengan adanya hal tersebut, pastinya hubungan dan juga relasi anda dengan orang lain akan semakin bertambah, dan anda dapat mendapatkan manfaat sosial dari komunitas tersebut.

Ternyata, ikan tanpa harus dikonsumsi ini, kita pun tetap dapat merasakan manfaatnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *