Inilah Tips Dan Trik Dalam Merawat Ikan Aligator Yang Benar

Please log in or register to like posts.
News

Sudah tau tentang jenis ikan aligator? atau ingin tahu ciri ciri ikan aligator jantan dan betina? Siapa sih yang tidak tahu aligator, salah satu jenis ikan predator yang memiliki harga ekonimis lumayan mahal. Ikan ini memiliki moncong dengan gigi runcing sebagai keunikan seperti bentuk buaya.

Jenis ikan aligator beraneka ragam, dan nama lain aligator bagi pecinta ikan hias adalah ikan buaya. Karena memiliki bentuk badan panjang serta moncongnya semakin panjang makin kecil dengan fariasi gigi yang tajam dan ini juga sebagai ciri utama dari ikan aligator sendiri. Maka bila ingin merawatnya, sediakan akuarium yang cukup besar.

Nama latin ikan aligator adalah Lepisosteus playrhincus yang berasal dari Amerika Serikat tepatnya di Florida dan Georgia. Ikan florida gar merupakan sebutan aligator di luar negeri. Ciri-ciri aligator lain mempunyai warna perak dan berbintik-bintik hitam pada bagian tubuhnya. Sedangkan fungsi bentuk kepalanya hingga moncong sebagai alat makan dan mengunyah mencabik-cabik mangsanya.

Jika ikan aligator dirawat dalam akuarium, lengkapi dengan hiasan atau tanaman air. Agar terlihat cantik dan indah ketika berenang dan terlihat dari samping luar biasa. Akan tetapi ukuran aligator ini cukup besar dan panjang. Terus bagaimana cara merawat ikan aligator (ikan buaya) agar tumbuh baik?Inilah Tips Dalam Merawat Ikan Aligator Yang Benar :

1. Menyediakan Akuarium

Cara merawat ikan aligator tertama masalah tempatnya kita bisa menyediakan yang agak besar dan tentunya luas. tak lain agar membuat aligator dapat bergerak bebas tidak ada tekanan, sehingga dengan pakan yang kita berikan akan cepat besar.
Untuk ukuran standar akuarium yang biasa digunakan untuk ikan aligator sekitar 90 x 45 x 45 cm. Jika Anda menyediakan ukuran yang lebih luas lagi, sangat bagus buat pertumbuhan aligator ini.

2. Perhatikan Air 

Air merupakan hal yang kebutuhan paling vital untuk ikan aligator, maka dari itu sebaiknya Anda dapat menyediakan jenis air yang berkualitas bagus, bersih, dan terhindar dari bahan-bahan kimia. Akan tetapi ikan aligator merupakan jenis ikan hias yang toleransi juga. Walaupun begitu kita tetap hati-hati, yaitu harus mengganti air akuarium jika kondisi sudah buruk. Maksimal sebulan sekali Anda dapat mengganti airnya. Ukur juga temperatur air yang ideal sekitar 20-25 derajat C.

Yang perlu diingat sebelum penggantian air berlangsung, baiknya Anda dapat mengendapkan air dulu minimal sehari semalam atau 24 jam. Agar kandungan kaporitnya dapat hilang dan terurai serta jenis partikel dan amoniak lainnya. Sedangkan untuk memurnikan air tadi, tambahkan juga larutan antikaporit dan juga obat biru.

  • BACA JUGA

Inilah Cara Pembesaran Ikan Tongkol Secara Optimal
Inilah Metode Dalam Merawat Ikan Arapaima Gigas Dalam Akuarium
Metode Sederhana Dalam Memulai Usaha Budidaya Ikan Molly
Tips Dan Trik Dalam Memelihara Ikan Hias Air Laut Pada Akuarium
Belajar Dari Awal Teknik – Teknik Dalam Budidaya Ikan Cupang

3. Makanan Ikan Aligator dan Cara Memberikannya

Sebelum tau cara merawat ikan aligator, pastikan dulu mengetahui sifat aligator ini. Aligator merupakan jenis ikan karvora (pemakan daging). Jika di alam liar ikan aligator berbahaya karena memang suka makan daging ikan kecil lain.
Untuk merawat ikan aligator, Anda dapat menyediakan jenis ikan kecil, udang, jangkrik, katak, dan cacing sebagai pakan alami ikan aligator agar cepat besar.

Cara pemberian pakan aligator ini langsung saja berikan ikan yang masih hidup, pastinya akan cepat merespon dan dimakan dibanding jenis pakan pelet. Pengaturan pemberian makanan aligator dapat Anda berikan 2 kali sehari sesuai kebutuhan ikan.

4. Beri Perlengkapan Akuarium Yang Memadai

Jika Anda melihat aligator di alam liar, cara merawat ikan aligator di dalam akuarium juga disamakan di alam bebasnya. Yaitu dengan melengkapinya dengan tambahan bebatuan, pasir, dan kayu hias. Asalkan jangan sampai menanam tanaman hias di dalam akuarium yang dapat menyebabkan iligator tidak dapat berenang.

5.Tambahan Hiasan Ikan Lain

Agar ikan aligator tetap eksis serta akuarium Anda tetap terlihat berwarna-warni, bisa juga ikan aligator dicampur dengan ikan hias lain yang setara dengannya, baik ukuran tubuh maupun sifatnya. Seperti ikan naga, ikan hiu air tawar, dan ikan sembilan.

Nah itulah beberapa cara merawat ikan aligator (ikan buaya) agar cepat besar dan sehat selalu.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara.

 


Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Terpal Plastik silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *