Langkah-Langkah Dalam Budidaya Ikan Mas Yang Baik Dan Benar

Please log in or register to like posts.
News

Ikan Mas adalah salah satu ikan yang telah lama dibudidayakan baik di Indonesia maupun di dunia. Ikan air tawar macam ini sangat terkenal di kalangan masyarakat. Selain disebut ikan mas, ikan ini memiliki beberapa nama kayak ikan tombro atau ikan karper. Saat ini telah banyak dikenal jenis ikan baru hasil persilangan ikan mas seperti ikan mas Nyonya, ikan mas merah, Majalaya, Taiwan, Kumpai, Kaca dan lain sebagainya. Berikut Langkah-langkah Dalam Budidaya Ikan Mas Yang Baik Dan Benar :

Syarat Budidaya Ikan Mas

Pada lingkungan asalnya ikan mas menetap di perairan sungai, waduk/danau pada ketinggian antara 150 – 600 MDPL (di atas permukaan laut), dengan keadaan suhu air diantara  20-25°C . Ikan mas masuk dalam golongan pemakan segala atau omnivora, oleh karenanya itu ikan senang memakan dedaunan, lumut, cacing, serangga atau lainnya. Dalam budidaya ikan mas ini, di usahakan untuk membuat lingkungan yang menyamai habitat asal ikan mas.

Macam-macam budidaya ikan mas bisa dipelihara di dalam kolam beton, kolam tanah, kolam air deras dan lainnya tergantung pada ketersediaan tempatnya. Pemberian makan pada budidaya ikan mas ini dapat bermacam-macam jenisnya, mulai dari pakan alami sampai pelet buatan pabrik. Pada budidaya ikan mas ini yang harus diperhatikan ialah kualitas dari air pada sarana untuk budidaya ikan mas antara lain pH air kolam harus pada kisaran 7 – 8, kadar oksigen yang cukup dan tidak tercemar oleh kandungan zat kimia berbahaya.

 

Persiapan indukan Ikan Mas

Indukan ikan mas yang akan dipijahkan, seharusnya dirawat pada kolam khusus yang terpisah antara pejantan dan betina. Makanan yang diberikan berupa pelet yang memiliki kandungan protein 25% . Takaran pemberian pelet ikan mas 3% dari bobot biomas per hari. Pelet diberikan 3x dalam sehari. Induk ikan Mas betina yang dipilah sudah dapat dipijahkan jika telah berumur 1,5 – 2 tahun dengan berat >2 kg. Sedangkan untuk induk jantan harus berumur 8 bulan dengan berat > 0,5 kg. Cara mengetahui perbedaan kelamin antara pejantan dan betina, maka dapat melakukan pengurutan perut ke arah ekornya. Seumpama mengeluarkan cairan putih dari lubang kelaminnya, maka ikan mas tersebut berkelamin jantan.

Karakteristik Ikan Mas Betina yang siap untuk dipijah atau sudah matang gonad yaitu:

  • Pergerakan ikan mas pelan atau tidak lincah.
  • Waktu malam hari kerap melompat-lompat.
  • Perut membesar atau membuncit ke arah belakang dan ketika di raba terasa lunak.
  • Lubang anus agak membengkak atau menonjol dengan warna kemerahan.

Karakteristik Ikan Mas Jantan yang siap untuk dipijah atau sudah matang gonad yaitu:

  • Gerakannya lincah dan seandainya dipijit pada lubang kelaminnya akan mengeluarkan cairan warna putih (sperma).
  • BACA JUGA

Inilah Tips Dan Trik Dalam Merawat Ikan Aligator Yang Benar
Inilah Metode Dalam Merawat Ikan Arapaima Gigas Dalam Akuarium
Metode Sederhana Dalam Memulai Usaha Budidaya Ikan Molly
Tips Dan Trik Dalam Memelihara Ikan Hias Air Laut Pada Akuarium
Belajar Dari Awal Teknik – Teknik Dalam Budidaya Ikan Cupang

Proses Pemijahan Ikan Mas

Pada saat pembuahan ikan mas, ikan dirangsang melalui cara membentuk lingkungan yang menyerupai keadaan lingkungan perairan umum yang mana ikan mas memijah secara natural atau dengan rangsangan hormon.

Cara-cara yang dilakukan dalam persiapan pemijahan ikan mas :

  1. Membersihkan dan mengeringkan tempat pembuahan (kolam/bak)
  2. Mengisi tempat pembuahan dengan air hingga mencapai tinggi 75-100 cm
  3. Memasangkan hapa untuk memudahkan panen larva di bak atau kolam dengan ukuran 4 x 3 x 1 meter. Hapa diberi pemberat agar tidak mengambang.
  4. Memasang kakaban di tempat pembuahan (di dalam hapa). Kakaban dapat berupa ijuk yang dijepit bambu atau papan dengan ukuran 1,5 x 0,4 m.
  5. Seandainya larva sudah cukup kuat tahap selanjutnya adalah melakukan penyebaran ikan mas, biasanya dilakukan pada kolam lumpur atau sawah walaupun dapat juga dilakukan pada di kolam semen.
  6. Persiapan kolam tanah ialah dengan cara meratakan tanah dasarnya, kemudian dederkan 10-15 karung kotoran ayam, isi dengan air setinggi ± 40 cm kemudian rendam sepanjang 5 hari tanpa dialiri air. Ini dimaksudkan agar plankton sebagai sumber pakan alami ikan mas dapat tumbuh di tempat kolam penyebaran benih.Pada usia 3 minggu benih ikan siap buat dipanen, bisa untuk dijual / dipelihara kembali pada lokasi kolam yang berbeda.

Pembesaran Ikan Mas

Pembesaran ikan mas ialah upaya agar bisa memenuhi kebutuhan permintaan akan ikan mas untuk konsumsi, ukuran ikan mas siap untuk konsumsi bisa bervariasi mulai dari ukuran 300 gr hingga 1 kg. Upaya pembesaran ini bisa dilakukan di tempat Kolam Lumpur, Kolam Air Deras atau Keramba Jaring apung.

Pembesaran Ikan Mas pada Kolam Air Deras

       Pembesaran ikan mas dikolam air deras harus mempertimbangkan beberapa keadaan seperti tempatnya dekat dengan sumber air ( saluran irigasi, sungai dan lain-lain) dengan keadaan topografi yang memungkinkan bagi air kolam dapat dikeringkan menggunakan metode gravitasi, kualitas air yang dipakai berkualitas baik dan tidak tercemar (komposisi oksigen terlarut 6-8 ppm) dan dengan debit air minimal 100 liter permenit.

Usaha Pembesaran Ikan Mas Di Kolam Lumpur

       Jika tidak memungkinkan dibesarkan pada air deras ikan mas dapat dibesarkan di kolam tanah. Kolam ukuran 1.000 m² diolah dengan cara ditebarkan kotoran ayam lalu di isi air setinggi 60 cm dan rendam selama kurang lebih sekitar 5 hari. Bibit ikan mas seberat 100 kg dimasukkan ke dalam kolam, beri pakan 3% dari berat bibit ikan mas setiap hari, panen bisa dilakukan panen sesudah 3 bulan. Dengan model pemeliharaan seperti ini kolam bisa menghasilkan ikan konsumsi sebanyak 400 – 500 kg.

Demikianlah Cara Praktis Budidaya Ikan Mas, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

 


Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Mulsa Plastik silahkan klik DISINI.

Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *