Manfaat Dan Kerugian Daging Hiu

Please log in or register to like posts.
News

Hidangan sirip ikan hiu sudah dikenal ratusan tahun silam di China. Para raja dan bangsawan China menjadikan sup sirip ikan hiu sebagai menu favorit dan jamuan kehormatan bagi tamunya. Hidangan ini juga selalu muncul dalam perayaan-perayaan istimewa, seperti pernikahan dan Imlek, karena lekat dengan simbol kemakmuran dan kesejahteraan.

Menu yang satu ini kemudian mendapat perhatian dari sejumlah pakar kuliner dan disimpulkan bahwa sirip ikan hiu juga bermanfaat bagi kesehatan. Ada yang mengatakan bahwa bagian sirip mempunyai kandungan zat yang antikanker. Bila dikonsumsi secara berkala, risiko kanker semakin kecil.

Bagian lain dari tubuh ikan hiu juga dianggap penting. Sebut saja darah hiu bisa digunakan sebagai antikoagulan, tulang-tulang hiu bisa dikembangkan menjadi obat antikanker, dan squalane-nya untuk minyak ikan.

Selama ini masyarakat terlanjur dipromosikan soal aneka manfaat daging dan sirip ikan hiu yang sangat bombastis. Apalagi harganya juga luar biasa, bisa mencapai 100 dolar AS semangkuk sup. Orang menganggap dengan harga demikian, maka manfaat sirip ikan hiu pasti sangat baik.

Selama ini orang tak pernah membayangkan bahwa dampak konsumsi ikan hiu telah membuat sebagian besar jenis hewan ini punah. Bahkan disebutkan, tiap tahun ikan 73 juta ikan hiu mati akibat diburu manusia.

Akhir-akhir ini para ilmuwan memublikasikan bahwa pembunuhan terhadap hiu sebenarnya harus dihindari. Bukan saja melulu persoalan punahnya binatang ini, tapi banyak dampak negatif dari pengkonsumsian hiu.

Sebuah media online menyebutkan, ilmuwan dari Food dan Agriculture Organization PBB meneliti sampel sirip ikan dan menemukan bahwa ternyata sirip ikan hiu terdiri dari air, abu dan protein. Adapun protein yang dimaksud adalah jenis-jenis yang tidak mengandung asam amino penting, sehingga membuatnya sulit diserap tubuh manusia.

  • BACA JUGA

Inilah Manfaat Tersembunyi Dari Udang Lobster
Inilah Metode Dalam Merawat Ikan Arapaima Gigas Dalam Akuarium
Metode Sederhana Dalam Memulai Usaha Budidaya Ikan Molly
Tips Dan Trik Dalam Memelihara Ikan Hias Air Laut Pada Akuarium
Mengenal Lebih Dekat Tentang Ikan Haruan

Satu fakta lagi tentang daging ikan hiu. Beberpa daging hiu mengandung merkuri yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan ikan-ikan lain, mengingat ikan ini merupakan predator yang ganas. Dengan kandungan merkuri yang tinggi, berarti daging ikan hiu tidak layak dikonsumsi, sebab merkuri bisa mengganggu kesehatan. Selama ini merkuri dapat merusak sistem saraf jika dikonsumsi berlebihan, menyebabkan gangguan penglihatan dan pendengaran, kemandulan, dan hilangnya koordinasi.

Tetapi untuk mencaga kelestarian ikan hiu, jangan mengkonsumsi daging sirip dengan sekala yang banyak.

Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *