Manfaat Ikan Tenggiri Yang Perlu Diketahui

Please log in or register to like posts.
News

Ikan merupakan bahan makanan hewani yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ada banyak macam ikan yang dapat dikonsumsi baik itu ikan tawar, payau, atau pun laut. Salah satu ikan yang memiliki khasiat besar bagi tubuh adalah ikan tenggiri. Ikan yang merupakan kerabat dari ikan tuna dan kakap ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Ikan tenggiri juga sangat aman dikonsumsi mengingat ikan yang satu ini hanya bisa hidup pada keadaan air laut yang bersih dan jauh dari polusi. Selain itu dagingnya yang tebal dan bentuk tubuhnya yang memanjang membuat kandungan gizi dalam ikan tenggiri sangatlah melimpah. Nah, berikut ini akan kami jelaskan atau kami ulas mengenai manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan. Akan tetapi sebelum itu alangkah baiknya jika kita ketahui dulu kandungan gizi apa saja yang terkandung dalam ikan tenggiri ini.

Berikut Manfaat Ikan Tenggiri Yang Perlu Di Ketahui

  • Mencegah gejala rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis atau yang lebih kita kenal dengan sebutan radang sendi merupakan gejala yang timbul akibat kekakuan otot pada sendi tulang sehingga menimbulkan nyeri pada persendian. Ikan tenggiri atau Mackerel mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu dalam menurunkan nyeri sendi dan kekakuan otot pada orang yang menderita rheumatoid arthritis.

  • Membantu mengatur perubahan suasana hati

Tingkat kesibukan dan aktifitas yang padat di era yang serba modern ini banyak menimbulkan orang yang menderita stress dan depressi. Nah jika anda tidak ingin menderita stress atau perubahan suasana hati ini maka teraturlah untuk mengonsumsi ikan mackerel atau ikan tenggiri. Studi penelitian telah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi tingkat tinggi asam lemak omega-3 mampu menurunkan risiko yang lebih rendah untuk untuk mengidap depresi.

Hal ini terkait dengan kandungan ikan tenggiri yaitu DHA (Docosahexaenoic acid) yaitu senyawa aktif yang berguna sebagai antidepressan sehingga selain baik untuk penderita stress dan depressi namun juga sangat baik untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan perubahan suasana hati maupun gangguan otak seperti penyakit fromAlzheimer dan penyakit Parkinson.

ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri, khasiat ikan tenggiri

  • Mencegah penyakit jantung

Ikan tenggiri merupakan makanan yang cocok bagi mereka yang menginginkan jantung sehat. Dengan kandungan asam lemak omega 3 masakan dari ikan tenggiri ini merupakan salah satu jenis makanan yang paling efektif untuk mencegah penyakit jantung. Ikan tenggiri tidak hanya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan polyunsaturated fatty acid, tetapi juga juga rendah lemak jenuh. nah dari perbagai nutrisi yang baik untuk mencegah penyakit jantung, maka mengkonsumsi secara teratur makanan dari produk ikan tenggiri atau mackerel ini menurunkan risiko komplikasi jantung seperti stroke, aterosklerosis, serangan jantung dan aritmia.

  • BACA JUGA

Prospek Bisnis Budidaya Udang Rumahan Omset Puluhan Juta
Inilah Metode Dalam Merawat Ikan Arapaima Gigas Dalam Akuarium
Metode Sederhana Dalam Memulai Usaha Budidaya Ikan Molly
Tips Dan Trik Dalam Memelihara Ikan Hias Air Laut Pada Akuarium
Mengenal Lebih Dekat Tentang Ikan Haruan

  • Menurunkan risiko diabetes

Ikan tenggiri banyak dijumpai di perairan laut Indonesia, dan Indonesia terkenal dengan penghasil ikan mackerel ini dan kita harus bangga dengan hal itu. Ikan yang mengandung banyak nutrisi sehat mengandung lemak sehat, asam lemak tak jenuh tunggal yaitu (MUFA) yang memainkan peran kunci dalam pencegahan, serta kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Dengan mengonsumsi ikan mackerel ini anda juga tentu dapat menurunkan lemak tubuh anda dan sangat baik bagi anda yang dalam program penurunan berat badan.

 

  • Kontrol tingkat tekanan darah

Selain baik untuk mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes ternyata ikan ini juga sangat baik untuk mengontrol tingkat tekanan darah. Dengan mengonsumsi teratur ikan mackerel atau ikan tenggiri hal tersebut mampu menjaga tingkat tekanan darah anda terkendali. Nutrisi yang membantu dalam menjaga tingkat tekanan darah ini yaitu karena tingginya tingkat kalium yang terkandung dalam ikan ini membantu dalam menjaga tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *