Inilah Manfaat Kerang Yang Baik Untuk Kesehatan!!

Please log in or register to like posts.
News

Salah satu menu yang paling favorit untuk dinikmati di restoran makanan laut selain ikan adalah kerang. Jenis kerang yang populer di Indonesia, yaitu kerang hijau, kerang gajah (Clams), kerang tiram (Oyster), kerang darah, dan kerang bambu. Meski tidak terlalu populer, namun scallop, yaitu kerang yang ukurannya lebih besar juga terdapat di beberapa restoran seafood di Indonesia.

Namun, sudah tahukah Anda, apa saja kandungan dalam kerang yang dapat mendukung kesehatan Anda?

Baik untuk jantung

100 gram kerang mengandung sekitar 140 miligram asam lemak omega 3. Mengonsumsi kerang sebanyak 250-500 miligram per hari dapat mengoptimalkan kesehatan jantung. Vitamin E dalam kerang tiram juga meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas membran sel, yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Mengandung vitamin dan al tinggi

Kerang mengandung 20 gram protein. Bahkan kerang gajah mengandung lebih banyak protein daripada kerang tiram dan scallop. Meski ukuran proteinnya sama dengan daging ayam, namun kandungan vitamin dan alnya lebih tinggi.

Bantu menurunkan berat badan

Oyster atau kerang tiram membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kerang tiram memiliki nilai kalori setengah dari daging ayam dengan porsi yang sama. Sebagai sumber protein, kerang bisa menjadi pilihan untuk memangkas diet Anda.

Menurunkan tekanan darah

Tingginya kandungan kalium dan magnesium pada kerang tiram dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengendurkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi oksigen meningkat.

Menyembuhkan luka

Kerang mengandung seng yang tinggi yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Selain itu, kandungan seng tersebut dapat meningkatkan sistem imun dalam mengalahkan infeksi dan kuman penyebab bakteri.

Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium yang tinggi pada kerang berperan penting bagi kesehatan tulang. Selain meningkatkan kepadatan tulang, kerang juga membantu menjaga daya tahan tulang, sehingga Anda bisa terlindungi dari penyakit tulang, salah satunya osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *