Mengenal Lebih Dekat Tentang Ikan Haruan

Please log in or register to like posts.
News

Kebanyakan orang Kalimantan Selatan sangat menyukai ikan Haruan atau Gabus atau kutuk yang biasanya dijadikan sebagai lauk pada makan nasi atau Katupat Kandangan (makanan khas Kalimantan Selatan). Bagi orang Banjarmasin ikan Haruan di Banjarmasin memang berbeda rasanya dibandingkan ikan Haruan yang berasal dari luar Kalimantan Selatan. Ikan Haruan banyak didapati di daerah rawa wilayah pedalaman, hidup di dalam perairan yang dangkal, bersifat pemakan segala (pemakan hewan kecil, seperti katak dan ikan-ikan kecil). Ikan Haruan bersifat musiman, membuahi pada musim hujan dari bulan Oktober hingga Desember.

Persebaran Ikan Haruan

Di Kalimantan Selatan, ikan Haruan hidup di air rawa-rawa yang masam dan menyukai air yang tergenang. Penyebarannya meliputi Singapura, Malaysia,Thailand, Filipina, Cina, India, Sri Lanka, dan Indonesia (Jawa, Sulawesi, Bangka, Bali, Lombok, Madura, Flores, Ambon, dan Kalimantan).

  • BACA JUGA

Inilah Tips Dan Trik Dalam Merawat Ikan Aligator Yang Benar
Inilah Metode Dalam Merawat Ikan Arapaima Gigas Dalam Akuarium
Metode Sederhana Dalam Memulai Usaha Budidaya Ikan Molly
Tips Dan Trik Dalam Memelihara Ikan Hias Air Laut Pada Akuarium
Langkah-Langkah Dalam Budidaya Ikan Mas Yang Baik Dan Benar

Cara Mendapatkan Ikan Haruan

Melakukan Budidaya Ikan Haruan

       Umumnya ikan Haruan diperoleh dengan cara dipancing maupun hasil tangkapan (bukan pengembangbiakkan). Ternyata ikan ini juga gampang untuk dibudidayakan. Ikan ini bisa hidup dengan baik biarpun dengan air yang kotor, sebab ikan ini mempunyai labirin kayak juga ikan lele, yang memungkinkan ikan bisa bernapas langsung dari udara. Jantan dan betina ikan Haruan dapat dibedakan dengan cara melihat ciri fisiknya, jantan berkepala lonjong, warna tubuh lebih gelap, lubang kelamin memerah dan apabila diurut keluar cairan putih bening, sedangkan betina berkepala bundar, warna tubuh lebih cerah, perut membesar dan lembek, bila diurut keluar telur.

       Pembuahan bisa dilakukan pada kolam atau bak besar dengan kedalaman air 50 cm, Induk jantan sebaiknya berukuran besar mencapai 1 kg, sebaiknya diberi eceng gondok sampai menutupi sebagian permukaan bak sebab ikan ini suka bersembunyi, jumlah induk ikan jantan dan betina sama banyaknya. Seekor induk betina dapat menghasilkan telur sebanyak 10.000 – 11.000 butir.

       Anakan Haruan dapat diberi makan pelet yang dihaluskan, sesekali diberi telur atau anak semut serangga (rangrang), sesudah agak besar dapat diberi makan pelet yang berukuran kecil.

Melakukan Pembesaran Ikan Haruan

       Cara yang sering digunakan petani untuk mendapatkan ikan haruan ini  ialah dengan cara memburu ikan haruan mengunakan jaring pada habitat liarnya. selanjutnya ikan akan masuk kedalam tahap pembesaran, pada tahapan ini ikan di besarkan hingga mencapai ukuran tertentu. Tahapan pembesaran biasanya dilakukan pada kolam atau keramba dan ikan di beri makan pelet agar cepat besar.

 


Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Mulsa Plastik silahkan klik DISINI.

Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *