Metode Sederhana Dalam Budidaya Ikan Bawal

Please log in or register to like posts.
News

Budidaya ikan bawal sejak dulu & sampai kali ini masih sangat menjanjikan. Seiring naiknya permintaan ikan di pasar-pasar di daerah, bikin para peternak ikan bawal juga semakin banyak & ikut naik jumlahnya. Ikan bawal air tawar (colossoma macropomum) merupakan salah satu ikan unggulan dalam budidaya perikanan air tawar.

Usaha budidaya ikan bawal ini dimaksudkan untuk mendapatkan ikan ukuran konsumsi atau ukuran yg disukai oleh konsumen. Pembesaran ikan ini bisa dilaksanakan di kolam tanah ataupun kolam permanen, baik secara monokultur ataupun polikultur.

Jenis ikan Bawal mememiliki beberapa keistimewaan & kelebihan, seperti:

  • Ketahanan yg tinggi kepada keadaan limnologis yg kurang baik.
  • Rasa dagingnya pun sangat lezat, hampir menyamai daging ikan Gurami.

Cara Budidaya Ikan Bawal

Langkah-langkah Cara Budidaya Ikan Bawal:

1. Persiapan Kolam Buat Budidaya Ikan Bawal

        Persiapan kolam ikan bawal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan pakan alami dalam jumlah yang cukup. Sesudah dasar kolam benar-benar kering, dasar kolam harus dikapur dengan kapur tohor ataupun dolomit dengan dosis 25 kg/100 m2. Hal ini umtuk meningkatkan pH tanah, juga bisa buat membunuh hama ataupun patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan. Kolam pembesaran tidak mutlak untuk dipupuk. Ini disebabkan makanan ikan bawal sebagian besar didapat dari makanan tambahan atau buatan. Tapi jika dipupuk bisa menggunakan pupuk kandang 25 – 50 kg/100 m2 dan TSP 3 kg/100 m2. Pupuk kandang yang dipakai harus benar-benar yang sudah matang, agar tidak menjadi racun untuk ikan.

        Sesudah pekerjaan pemupukan selesai, kolam mulai diisi air setinggi 2-3 cm dan didiamkan selama 2-3 hari, lalu air kolam ditambah sedikit demi sedikit sampai kedalaman awal 40-60 cm dan terus diatur sampai ketinggian 80-120 cm tergantung kepadatan ikan. Apabila warna air telah hijau terang, baru bibit ikan disebar (biasanya 7~10 hari sesudah pemupukan).

 

  • BACA JUGA

Metode Sederhana Dalam Budidaya Ikan Frontosa
Wajib Tahu !! Jenis-Jenis Ikan Laut Ini Yang Laku Di Pasaran
Teknik Jitu Dalam Budidaya Ikan Betutu
Inilah 5 Jenis Ikan Yang Sering Dibudidayakan Pada Air Payau
Metode Mudah Dalam Budidaya Ikan Tawes

 

2. Pemilihan & Pendederan Bibit Ikan Bawal

        Hanya dengan bibit yang baik, ikan bawal bisa hidup dan tumbuh dengan baik. Pendederan bibit sebelum bibit disebar perlu diadaptasikan, dangan tujuan agar bibit ikan tidak dalam kondisi stres waktu berada dalam kolam. Inilah Cara Pengadaptasian Bibit Ikan Bawal:

  • Ikan yang masih terbungkus dalam plastik dan masih tertutup rapat dimasukan ke dalam kolam.
  • Diamkan sampai dinding plastik mengembun. Ini berarti air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya.
  • Sesudah itu dibuka plastiknya dan air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastik tempat bibit sampai bibit terlihat dalam keadaan baik.
  • Selanjutnya bibit disebar dalam kolam ikan secara perlahan-lahan.

3. Kualitas Pakan & Cara Pemberian Ikan Bawal

        Hanya dengan pakan yang baik ikan bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang kita mau. Kualitas pakan yang baik ialah pakan yanq memiliki gizi seimbang baik protein, karbohidrat ataupun lemak serta vitamin dan mineral. Sebab ikan bawal bersifat omnivora maka makanan yang diberikan dapat berupa daun-daunan ataupun berupa pelet. Pakan diberikan 3-5 % berat ba (perkiraan jumlah total berat ikan yg dipelihara). Pemberian pakan bisa disebar secara langsung.

4. Panen Hasil Ikan Bawal

        Panen hasil usaha pembesaran bisa dilaksanakan sesudah ikan bawal dipelihara 4-6 bulan, masa tersebut ikan sudah mencapai ukuran kurang lebih sekitar 500 gram/ekor, dengan kepadatan 4 ekor/m². Biasanya alat yang dipakai berupa waring ikan bermata lebar. Ikan hasil pemanenan seharusnya penampungan ikan dilakukan ditempat yang luas (tidak sempit) dan keadaan airnya selalu mengalir.

 


Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Waring Ikan silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *