Terkuak! Berikut 5 Cara Tersembunyi Budidaya Ikan Mas Koki, Yang Harus Anda Ketahui

Please log in or register to like posts.
News

Ikan mas koki ini dapat dikatakan ikan yang cukup terkenal di dunia, apalagi di negara Indonesia. Mempunyai jenis bentuk tubuh yang unik, mas koki memang banyak disukai oleh semua kalangan masyarakat. Ikan ini mempunyai nama latin yakni Carrasius auratus serta umumnya bertahan hidup di wilayan perairan yang dangkal serta berhawa sejuk.

1. Menyediakan Akuarium

Faktor yang harus dikerjakan ialah mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan serta terpenting yakni akuarium itu sendiri. Siapkanlah akuarium yang ukurannya 80 cm guna panjangnya, 40 cm guna lebarnya, serta 40 cm guna tingginya. Untuk jumlah akuarium yang harus dipersiapkan ialah 4 akuarium.

2. Pengisian Air

Isilah akuarium ikan mas koki menggunakan air dengan tinggi kira-kira 20 cm. Tetapi sebelum akan dimasukkan menuju akuarium, air tersebut lebih baik diendapkan dahulu supaya kadar ph nya turun. Untuk ukuran kadar ph yang sesuai dan cocok guna budidaya mas koki berkisar 7,2-7,4, da jika untuk suhu air berkisar 24-26 derajat celcius, kandungan oksigen berkisar 2-5 ppm, kandungan co2 sekitar 10 ppm, serta nitrit batas maksimal sekitar 0,2. Oksigen yang ada pada air ketersediaannya wajib normal stabil. Guna menyeimbangkan oksigen air di akuarium, Anda dapat memakai aerator.

BACA JUGA

3. Menyeleksi / Penyortiran

Guna proses pemijahan mas koki, Anda harus menyortir indukannya dan juga indukan yang akan dipilih perlulah mempunyai keadaan kesehatan yang sehat, lincah, serta telah matang telur. Guna ciri-ciri mas koki jantan yang telah siap guna dipijahkan yakni ikan bakal mengeluarkan seperti cairan yang berwarna putih susu kalau perutnya dipijat, adanya benjolan kecil warnanya putih pada tutup insang atapun kadang juga di jari sirip pada dada, serta dubur bentuknya oval serta kecil.

Jikalau, ciri-ciri mas koki betina yakni mas koki betina bakal mengeluarkan seperti cairan warnanya kuning kalau perutnya dipijat, perutnya cukup buncit, serta duburnya berbentuk besar serta bulat.

4. Sistem Pemijahan

Guna proses pemijahan mas koki, angka perbandingan antar koki jantan dengan si betina ialah 1 : 2 ataupun bisa dibilang kalau mas koki betina memiliki jumlah yang lebih banyak ketimbang mas koki jantan. Kalau Anda mengerjakan pemijahan bagi si mas koki, Anda harus bersabar guna menunggu sebab tahap pemijahannya bakal berlangsung lumayan lama. Sebab induk jantan serta betina bakal saling mengejar saat kedua mas koki tersebut bakal mengerjakan tahap perkawinan.

Sesudah mengerjakan pemijahan, Anda perlu memisahkan kedua indukan tadi dari telur yang telah dihaslkan. Sebab bisa berkemungkinan indukan ikan bakal berusaha memangsa telur-telur tadi kalau mas koki tengah lapar.

5. Penetasan Telur

Tahap penetasan telur mas koki umumnya berlangsung kira-kira 2-4 hari. Namun, biasanya ada juga beberapa telur yang tak bisa menetas. Telur-telur yang tak dapat menetas umumnya bakal membusuk serta berjamur. Segera ambil dan pisahkan telur yang busuk tadi supaya tak mengotori air pada akuarium.

Sesudah telur-telur tersebut menetas, Anda perlu betul-betul memeriksa keadaan air sebab anakan koki larva amatlah rentan terjadi kematian. Untuk suhu pada air yang dianjurkan sekitar 24-28 derajat celcius. Tak hanya itu, pasokan oksigen pula harus diperiksa serta kalau perlu pakailah aerator guna menambah kadar oksigen didalam air akuarium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *