Tips Dan Trik Dalam Budidaya Ikan Hias Guppy

Please log in or register to like posts.
News

      Ikan guppy atau Ikan gatul merupakan ikan yang gampang dalam berkembangbiaknya. Lingkungan asal ikan guppy di danau-danau dan kali basah hening. Ikan ini dapat juga bertahan di air payau yang memiliki kandungan garam tinggi.

      Ikan guppy berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan. Datang ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan akuarium. Lalu lepas ke alam bebas dan berkembang biak dengan cepat. Ikan guppy dapat ditemukan di segala perairan air tawar di Indonesia.

      Ikan guppy disukai sebagai ikan hias karena estetika warna dan format siripnya.Ikan yang berkelamin jantan lebih indah daripada betina karena ikan jantan yang memiliki sirip indah dan ikan betina warnanya cenderung kusam, Sama halnya dengan ikan cupang. Budidaya ikan guppy tidak membutuhkan infrastruktur mahal. Cukup dengan perlengkapan simpel, kita dapat membudidayakaan ikan ini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Perlengkapan Dalam Budidaya

Berikut ini perlengkapan yang diperlukan untuk budidaya ikan gatul, antara lain :

  • wadah/daerah
  • aerator
  • tanaman air

      Wadah untuk pemijahan ikan guppy dapat berupa akuarium, bak semen, atau ember plastik. Wadah atau tempat yang dibutuhkan untuk budidaya ikan guppy terdapat empat fungsi, antara lain yaitu daerah pemisahan indukan (2 daerah), daerah pembuahan (1 daerah), daerah penetasan (1 daerah), dan daerah pendederan (1 daerah). Luas dan ukuran wadah budidaya ikan guppy dapat bervariasi, disesuaikan dengan banyaknya ikan yang akan dipijahkan. Sedangkan wadah minimal memiliki ketinggian sekitar 30 cm, namun berbeda dengan pendederan yang memerlukan wadah yang lebih tinggi dari 50 cm.

Memilih Indukan

      Perbedaan jantan dan betina dapat dilihat dari format tubuhnya. Ikan guppy betina tubuhnya lebih membulat dengan warna yang terlihat kusam dan tidak memiliki sirip yang menjumbai. Sedangkan ikan jantan berwarna yang kontras dan terang, bertubuh lebih langsing daripada ikan betina dengan sirip yang menjumbai dan ukuran badan ikan betina lebih besar dibanding jantan.

      Indukan yang siap untuk dipijahkan minimal berumur 4 bulan. Warna dan format ikan guppy benar-benar ditetapkan oleh unsur genetik. Untuk menerima hasil yang baik pilihlah indukan yang unggul. Namun, pembudidaya dapat juga mencoba menyilangkan induk guppy agar memperoleh keturunan yang lebih baik.

Pemisahan Indukan

      Sebelum dipijahkan, daerah di isi dengan air bersih dan diganti setiap 1-3 hari sekali. Pergantian air tidak wajib segala, cukup mengeluarkan sepertiga air dan menambahkannya dengan air baru. Berbeda dengan progres pemberokan pada umumnya, pemisahan ini dilaksanakan dengan konsisten memberi makan. Berikan makanan berupa daphnia atau moina sebanyak 2 hari sekali. Hal ini berkhasiat supaya indukan fit dikala dalam progres pemijahan.

Pemijahan Ikan Guppy

      Sebelum progres pembuahan, isi daerah pembuahan dengan air bersih yang sudah di diamkan setidaknya 24 jam. Kedalaman air untuk daerah pemijahan 25 cm. Kepadatan tebar wadah pemijahan tidak lebih dari 30 ekor/100 liter air. Untuk akuarium ukuran luas 1 x 0,5 meter, cukup menampung 30-40 ekor ikan guppy. Jika memungkinkan berikan tanaman air seperti hydrilla untuk daerah ikan berkembangbiak.
Pemijahan ikan guppy dapat dilaksanakan satu-satu atau secara massal.

  • BACA JUGA

Metode Sederhana Dalam Budidaya Ikan Frontosa
Teknik Jitu Dalam Budidaya Ikan Betok
Mengenal Lebih Dekat Jenis Ikan Arwana Super Red Dan Cara Pemeliharaannya
Wajib Tahu!! Rahasia Dalam Budidaya Ikan Belida
Belajar Dari Awal Teknik – Teknik Dalam Budidaya Ikan Cupang

      Pembuahan massal lebih dianjurkan karena lebih kencang, ekonomis dan lebih praktis. Komposisi pembuahan massal antara ikan jantan dan betina umumnya 1:5. Namun kalau ragu segala betina terbuahi, komposisinya dapat ditambah 1:2.
Masukkan indukan betina terpenting dulu pada pagi hari. Kemudian sorenya dapat dimasukkan indukan jantan. Pada pembuahan massal belum tentu segala ikan dibuahi pada hari yang sama. Biasanya proses pemijahan diizinkan berlangsung selama 4 – 7 hari. Segera pisahkan betina yang sudah memijah kedalam daerah penetasan.

Penetasan benih

      Tempat penetasan diisi air bersih bersih dan diberikan aerasi. Pemberian aerasi jangan terlalu kuat supaya tidak menganggu larva ikan. Kualitas air wajib terus dipertahankan dengan sistem mengganti sepertiga air dengan air baru tiap-tiap 1-3 hari sekali. Pemberian pakan untuk induk setiap 2 hari sekali berupa daphnia atau moina.

      Ikan guppy ini memiliki cara berkembang biak yang cukup unik yakni Embrio tumbuh di dalam perut hingga siap untuk dilahirkan. Lama kehamilan, terhitung mulai dari pemijahan hingga kelahiran berlangsung 3-4 pekan.
Ciri-ciri ikan guppy yang hamil dapat di lihat sesudah 2 pekan semenjak pemijahan. Tandanya ada zona gelap di bagian bawah dubur (bercak kelahiran) dan perutnya sedikit mengembung. Jika tidak ada ciri-ciri hamil, ambil indukan untuk dipijahkan kembali.

      Ikan guppy betina memiliki kecakapan menaruh sperma dalam tubuhnya. Sehingga si betina dapat hamil hingga 1-3 kali dalam satu kali pembuahan. Masa yang diperlukan dari kehamilan awal ke kehamilan selanjutnya kira-kira 1-5 pekan.Dalam satu kelahiran, ikan guppy dapat menciptakan 30-100 anakan. Anak ikan tersebut wajib langsung dipindahkan ke daerah pendederan. Jika tidak, dapat-dapat menjadi makanan induk yang kelaparan.

Pendederan benih

      Kolam pendederan sebaiknya ditempatkan di ruang terbuka. Cahaya matahari diperlukan untuk membentuk warna yang cerah pada tubuh ikan guppy. Biasanya para pengembangbiak menerapkan bak semen berukuran 1 x 1 x 0,5 meter atau 2 x 2 x 0,5 meter sebagai daerah pendederan.
Tambahkan tanaman air kayak hydrilla atau eceng gondok untuk daerah berteduh. Berikan aerasi pada kolam pendederan. Isi kolam dengan air setinggi 40 cm. Setelah perlu diperbarui tiap-tiap 3 hari sekali.

      Pakan yang dapat diberikan untuk anak ikan berumur hingga 5 hari adalahinfusoria. Setelah itu, anak ikan dapat diberikan artemia (udang renik) atau kutu air(daphnia dan moina) yang sudah disaring. Setelah melewati 20 hari, baru dapat diberikan kutu air tanpa disaring atau cacing sutera.

      Ikan yang sudah berumur 20 hari sudah dapat dipilah antara jantan dan betina. Sebab ikan jantan yang laku sebagai ikan hias. Sebaliknya ikan betina dipakai sebagai indukan dan sisanya adakalanya dibuang. Ikan guppy dapat dibilang dewasa dan dapat berkompetisi dengan kawanannya sesudah berusia 1 bulan.
Kesuksesan pengembangbiakkan ikan guppy ditetapkan dengan banyaknya kelahiran ikan jantan. cuma ikan jantan yang diminati sebagai ikan hias akuarium. Ikan jantan memiliki sirip yang lebar dan warna -warna atraktif.

 


Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Waring Ikan silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *