Tips Dan Trik Sukses Dalam Budidaya Ikan Koi

Please log in or register to like posts.
News

Banyak diantara para petani yang melakukan budidaya ikan koi ini. Ikan koi merupakan sejenis ikan hias yang menjadi primadona dan mempunyai harga jual yang tinggi. Dengan harga yang tinggi tersebut dapat menjadikan daya tarik tersendiri untuk membudidayakan ikan koi.

Dengan harga ikan koi yang tinggi dan kemudahan dalam pembudidayaannya tak jarang banyak petani yang memperoleh keuntungan berlimpah. Untuk lebih mempermudah pemahaman kita mengenai ikan koi, maka dalam artikel ini akan diulas beberapa hal yang berhubungan dengan ikan koi agar dalam membudidayakannya terasa lebih mudah.

Budidaya ikan koi yang benar meliputi dari teknik pelaksanaan pembuahaan mencakup kolam pemijahan, induk koi unggul, terdapat pakan benih dan perawatan intensif. Berikut adalah Langkah Langkah Dalam Budidaya Ikan Koi :

Seleksi Induk Koi

Pilih induk koi matang kelamin dan matang tubuh/gonad. Matang kelamin yaitu induk jantan telah mendapatkan air mani dan induk betina telah mendapatkan telur matang/gonad. Matang tubuh yaitu secara jasmaniah mereka telah siap menjadi induk produktif. Berikut Ciri-Ciri Indukan yang Siap Kawin:

  • Fisik sehat tidak cacat
  • Bersirip dan sisik komplit
  • Gerakan bagus, seimbang
  • Tidak loyo
  • Usia jantan sekitar 2 tahun
  • Betina sekitar 3 tahun
  • Betina lebih besar dibandingkan jantan dan perutnya terlihat lebih besar dibandingkan punggungnya
  • Jantan sebaliknya lebih kecil dan perut rata jika dibandingkan punggungnya
  • Sirip induk jantan siap kawin akan tumbuh bintik-bintik putih.

Seekor induk betina dapat berpasangan dengan 2 atau 3 induk jantan. Ini menjaga jika jantan sedang dalam kondisi tidak baik. Dengan menyediakan stok jantan lebih dari 1, maka angka kegagalan pelaksanaan pembuahan dapat dihindari. Tidak diharuskan untuk menggunakan induk yang paling bagus, lantaran keturunannya tidak selalu bagus juga bisa jadi akan buruk. Oleh karena itu sebaiknya pilih indukan koi yang baru saja, namun masih mempunyai sifat-sifat unggul, seperti warna yang pekat. Maka seleksi benih dapat memilih mana yang terbaik untuk indukan dan memiliki sifat – sifat unggul.

Syarat Kolam Pemijahan Koi

Kolam pembuahan dibikin terpisah dengan kolam taman. Kolam pembuahan semestinya mempunyai pintu masuk dan pintu keluar air tersendiri. Seluruh kolam semestinya diplester dan dapat dikeringkan. Luas kolam pembuahan bervariasi tergantung banyaknya ikan yang akan di budidayakan. Buatlah kolam seperlunya minimal  seluas 3-6 m² dengan kedalaman 0,5 m. Letak kolam seharusnya cukup mendapatkan cahaya matahari, tidak terlalu berisik, terlindung dari jangkauan anak kecil dan binatang peliharaan.

 

  • BACA JUGA

Metode Sederhana Dalam Budidaya Ikan Frontosa
Tips Dan Trik Dalam Budidaya Ikan Hias Guppy
Metode Sederhana Dalam Memulai Usaha Budidaya Ikan Molly
Wajib Tahu!! Rahasia Dalam Budidaya Ikan Belida
Belajar Dari Awal Teknik – Teknik Dalam Budidaya Ikan Cupang

 

Disediakan pula kolam penetasan telur dan perawatan benih. Kolam penetasan, modelnya dapat persegi panjang atau bulat. Meskipun bulat sebaiknya berdiameter 1,5 hingga 2 m. Tambah 1 kolam lagi jika ada, yaitu kolam untuk menumbuhkan makanan natural diterapkan untuk mensuplai makanan benih jika kuning telur telah habis. Kedalaman kolamnya sekitar 30 cm dengan Luas kolam sekitar 6-10 m² dan cukup mumpuni. Dinding kolam dapat dilapis vinil yaitu bahan yang baru untuk membuat bak fiberglass. Dengan lapisan vinil, kolam-kolam itu lebih aman kebersihan dan hasil dari semen dapat dihilangkan.

Persiapan Kolam Koi

Kolam dikeringkan dibawah cahaya matahari, pintu masuk dipasang filter untuk mencegah telur yang mungkin hanyut. Biasanya koi akan bertelur dibawah tanaman atau bahan apa saja yang dapat digunakan untuk merekatkan telur. Oleh sebab itu sediakan penempel telur yang memadai agar telur koi dapat selamat.

Penempel telur dapat menggunakan kakaban, yang beguna untuk pembuahan ikan koi nantinya. Kakaban biasanya terbuat dari ijuk yang dijepit dengan bilah bambu dan dipaku. Kakaban yang bagus sebaiknya terbuat dari ijuk panjang dan rata, panjang 120 cm lebar 40 cm. Jumlah kakaban sesuaikan dengan besar induk betina, 4 – 6 buah untuk setiap 1 kg induk betina.

Agar dapat mengapung, kakaban ditempelkan di atas sepotong bambu yang masih utuh. Diatas kakaban berilah bilah bambu kemudian ikat supaya kumpulan kakaban tidak tercerai-berai di saat pasangan induk membuahi. Sebelum dipasang, kakaban dibersihkan, dicuci, dan dibilas supaya terhindar dari lumpur. Kakaban dipasang sesudah kolam diisi air. Kecuali semestinya mengalir ke kolam pembuahan untuk merangsang pasangan koi untuk membuahi. Pelaksanaan kakaban tempat penempel telur dapat mengaplikasikan tanaman air seperti Hydrilla atau pemberian potongan tali rafia sebagai pengganti ijuk.

Pembuahan Ikan Koi

Induk dimasukkan sekitar pukul 16.00 dan akan mulai pembuahan pada tengah malam. Induk betina akan berenang mengelilingi kolam dengan ditiru induk jantan di belakang. Makin lama gerakan mereka makin asyik. Induk jantan merekatkan badannya waktu mencontoh induk betina. Pada puncaknya, induk betina akan mengeluarkan telur dengan kadang-kadang melompat ke udara. Aktifitas betina semestinya ditiru pejantan dengan mengeluarkan cairan air mani.

Lantas-telur yang terkena air mani akan merekat pada kakaban atau bahan penempel pada telur lain dengan erat (tidak mudah lepas) dan juga akan ada beberapa telur yang jatuh ke bawah kolam. Perkawinan usai pada pagi hari. Cara Induk dipisah dari telurnya jika terlambat telur dapat habis dimakan induknya. Ada 2 sistem buat menceraikan induk dari telur yang diperoleh. Pertama, dengan memindahkan induk dari kolam pembuahan dan tetap memperkenankan telur menetas di kolam tersebut. Cara kedua dengan memindah telur ke kolam penetasan. Cara pertama lebih bagus sebab lebih menghemat kolam.

Untuk mencegah supaya tidak terkena jamur, telur-telur direndam dulu dalam larutan Malachyt green dengan fokus 1/300.000 selama 15 menit sebelum ditaruh di kolam penetasan. Saat akan merendam telur-telur ini, semestinya kakaban digoyang-goyang pada air supaya kotoran yang mungkin menutupi telur dapat terlepas.

 


Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Terpal Plastik silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *